[TIPS dan TRIK] BELAJAR TENTANG SEO UNTUK PEMULA


Tentang SEO untuk PEMULA seperti aku, jadi sekedar sharing hal yang sedang ku pelajari dan sudah mulai diterapkan sedikit-sedikit, memang ada banyak sekali buku yang membahas SEO kapan0kapan aku harus punya buku tetnang SEO ehhee ,tapi banyak juga Ebook tentang SEO, sekarang aku ingin share ke kalian yang mungkin masih belajar dari awal banget kaya aku, hehe yuk belajar SEO↷


Apa itu SEO atau search Engine Optimization?? kurang lebih adalah seni untuk membuat website kita ada diurutan teratas pencarian google, MSN atau Yahoo.

Dalam buku panduan SEO Seomarketbizfastrack,pdf yang aku baca ada 97 tips dan trik untuk berSEO, disini aku mau tuliskan yang mulai kuterapkan. Jadi kalian pasti bisa juga nerapinnya.

So... yak! Dalam tips SEO Marketbiz.net dikelompokan menurut prioritasnya ada 5 sebenernya karena aku baru nerapin 3 halnya aja jadi ini dia:

1. Prioritas Tertinggi.
2. Prioritas Menengah.
3. Hindari.

sekarang langsung ke contohnya :

PRIORITAS TINGGI : 

1. Menulis konten yang unik, yang memiliki informasi berbeda dari website-website lain. Nah ini lah hal menariknya, kita dibebaskan untuk berekspresi tentang diri sendiri yang pasti setiap orang pastinya punya keunikan. Jadi ga ada alasan buat bingung nulis apa? :p kan bebaas~ 

2. Selalu melakukan up date konten, website yang selalu mengupdate konten secara teratur akan lebih hidup dan meningkatkan relevansi content kita atas website, hal ini sangat mempengaruhi rangking. 

3. Gunakan Keyword Phrase di dalam title tag, Sangat baik untuk di tempatkan di bagian atas atau awal untuk membuat phrase tersebut masuk ke search engine. Jadi mbah google bisa ngeliat kita lbh mudah.

4. Menggunakan keyword phase pada URL, keyword dapat  digunakan di URL, untuk model blogspot bisa di atur di bagian Linknya saat ngedraft ya.. karena search engine nantinya lebih mudah membaca URL kita, ini bisa menjadi point tambahan content kita dilirik mbah google.

5. Mintalah orang lain untuk melink ke website kita, atau biasa disebut backlink, yah ini juga kuni pentiing bangetnya, semakin banyak web lain ngebackling content kita, makan traffic pengunjung bisa naik. dan ini bagus banget.

6. Tampilan Blog yang mobile friendly / Template blog dan tidak terlalu berat saat dikunjungi, ini menjadi point penting untuk kita mendapatkan pengunjung dan betah berlama-lama di blog kita. Saran: Pilih yang Minimalis dan Clean ya.. hehehe


PRIORITAS MENENGAH:

1. Buatlah konten sebanyak-banyaknya, semakin banyak content dalam site, akan semakin besar kemungkinan untuk terindeks dan muncul di search engine.

2. Usahakan Content website tetap dalam satu tema ya,

3. Link antar page dalam site-inbound link , link antar page dalam satu site tidak penting dalam search engine rangking dibanding link dari eksternal site, tetapi cukup membantu.


HINDARILAH:

1. Broken link dalam site, ini membuat site tampak buruk dan mengidentifikasikan kalau site tidak terpelihara.

2. Jangan terlalu sering melakukan koreksi kecil dalam content, hanya karna ingin site kita selalu di update, jadi kita melakukan koreksi penulisan atau merubah 10-20 karatkter, ini keliatan seperti mengelabui search engine biar site kita keliatan selalu terupdate. Sebaiknya melakukan update secara subtantif.

3. Hindari redirect ke domain baru-bisa terkena ban! karena trik ini sering dipakai spammer, sebaiknya dihindari.

Oke kurang lebih hal dasar itu yang baru aku pelajari tentang SEO, semoga membantu :D


Label: ,